01_Azelea
14:39

Introduction to Product Management oleh Tokopedia

Para Praktisi dari Tokopedia kembali hadir di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Rabu (27/2/2020). Kali ini mereka berbagi informasi terkait salah satu profesi yang bisa digeluti para lulusan bidang Information Technology (IT) yaitu Product Manager. Selain itu mereka juga mensosialisasikan salah satu program pengembangan karirnya yang diberinama Tokopedia Product Camp 2020. Hadir sebagai narasumber pada kesempatan itu Azelea Chairunisa selaku Product Manager Tokopedia.

Azel begitu paggilan akrabnya, membuka paparannya dengan perkenalan diri. Dirinya adalah lulusan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dan sejak mendapat gelar sarjana terus mengembangkan karirnya di bidang product management. Tahun 2017 sempat menjadi product management intern di kaskus, kemudian pada 2018 bergabung dengan tokopedia sebagai associate product manager dan pada tahun 2019 diangkat menjadi product manager (PM) hingga saat ini. Dijelaskan oleh Azel bahwa PM adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberikan solusi atas kesulitan pelanggan dengan membuat produk atau layanan yang bisa memudahkan kehidupan pelanggan.

Azel juga berbagi informasi tentang apa saja yang perlu dilakukan untuk bisa menjadi PM yang handal. Pertama harus banyak membaca untuk meng-update pengetahuannya tentang industri, konsep dan data keminatan masyarakat. Kedua mempunyai kemampuan menulis secara terstruktur, sehingga bisa dengan efektif memilah dan memilih informasi penting dari banyaknya informasi dan data yang masuk. Ketiga have an eye for design, sehingga bisa menentukan user interface atau materi promosi dan presentasi yang bisa menarik minat pelanggan. Keempat memiliki kemampuan memecahkan masalah secara cepat dan efektif.

Untuk bisa menjadi PM ada dua cara yang bisa ditempuh, yaitu melalui direct path atau indirect path. Direct path maksudnya langsung menekuni pekerjaan yang dekat kaitannya dengan product team seperti business analyst, marketing atau product intern. Sementara indirect path contohnya berkarir di bidang finance, kemudian dapat mengembangkan diri menjadi PM pada Finance Technology Startup. Selain itu, Tokopedia juga menyediakan sarana bagi mereka yang tertarik untuk menekuni karir sebagai product manager yaitu dengan menyelenggarakan program Tokopedia Product Camp 2020. Ini merupakan program yang memberikan kesempatan pada pesertanya untuk mempelajari pola pikir dan keterampilan praktis yang harus dimiliki PM melalui pembelajaran di kelas, bimbingan dan penyelesaian masalah bisnis nyata dalam 5 hari. Manfaat yang bisa didapat dari ikut serta dalam program ini antara lain, berkesempatan belajar dan dibimbing oleh para ahli dan pimpinan Tokopedia, Tiga tim terbaik akan mengerjakan proyek eksklusif bersama VP & AVP Produk Tokopedia, berpeluang menjadi product intern di Tokopedia, memperluas koneksi baik dengan sesama mahasiswa atau praktisi, serta berpeluang untuk memenangkan hadiah senilai lebih dari Rp 32 juta. Informasi lebih lanjut tentang program Tokopedia Product Camp 2020 dapat diakses di https://www.tokopedia.com/product-camp. [dna]

Share