samsung-tech-workshop-2
11:11

Samsung Tech Workshop bersama Samsung R&D Indonesia di FILKOM UB

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) bersama Samsung R&D Indonesia (SRIN) mengadakan kegiatan bertajuk Samsung Tech Workshop di Ruang Multimedia Gedung F lt. 12 pada (30/10). Kegiatan ini merupakan inisiasi awal kerjasama antara FILKOM UB dengan SRIN. Dibuka oleh Edy Santoso, S.Si., M.Kom. selaku Wakil Dekan III FILKOM UB, kegiatan ini dihadiri kurang lebih 120 peserta workshop dari berbagai program studi di FILKOM UB. Dalam sambutannya Edy Santoso, S.Si., M.Kom. menyampaikan kegembiraannya atas jalinan kerjasama ini dan diharapkan dapat menjalin kerjasama yang lebih erat dan berkesinambungan.

samsung-tech-workshop-1Workshop ini terbagi menjadi tiga sesi, dimana pada sesi pertama dan kedua berisi pelatihan yang disampaikan oleh dua petinggi SRIN yaitu Yanuar Rahman sebagai Head of Engineer SRIN, dan Erlangga Yudhanegara sebagai Head of HR SRIN. Materi pertama dipaparkan oleh Erlangga Yudhanegara diawali dengan penjelasan tentang profil perusahaan dan supportnya terhadap perkembangan teknologi informasi di indonesia. SRIN sendiri merupakan salah satu bagian dari R&D Samsung di seluruh dunia dimana saling mendukung satu dengan yang lain untuk memenangkan Samsung dalam kompetisi dunia. SRIN sendiri terlibat penuh dalam layanan komersial yang berdampak pada bisnis Samsung di Indonesia dan pasar global. Dalam paparannya, Erlangga menjelaskan tentang pengalamannya berkarir di perusahaan teknologi global. Selain pemahaman Career lifecycle, dibutuhkan pula pemahaman dalam Career Development dan Career management untuk berkembang dan berprestasi di perusahaan teknologi global.

Dilanjutkan dengan paparan mengenai bagaimana merintis karir di bidang Software Engineer secara global oleh Yanuar Rahman selaku Head of Engineer SRIN. Dalam paparannya Yanuar menjelaskan tentang bagaimana persiapan persiapan dan apa saja yang harus dikuasai oleh seorang software engineer diantaranya pemahaman fundamental, konseptual dan praktikal, referensi yang sesuai terutama referensi tentang software dan data, latihan problem solving, dan mengikuti hal-hal baru. Selain itu, yanuar juga menjelaskan bagaimana SRIN membangun aplikasi. Pengalaman-pengalaman menarik juga banyak diceritakan selama bekerja di SRIN yang membuat suasana workshop jadi lebih hangat.

samsung-tech-workshop-3Di Sesi berikutnya dilanjutkan dengan diskusi antara SRIN dengan grup riset dan program studi yang ada di FILKOM UB dan dilanjutkan penandatanganan MoA kerjasama antara FILKOM UB dan SRIN. Dan di sesi terakhir SRIN memberikan pelatihan tentang algoritma-algoritma yang digunakan di SRIN dan bagaimana menerapkannya dalam problem solving baik itu dengan metode permutasi dan kombinasi dan rekursif sebagai konsep dasar. Diharapkan dengan kegiatan ini kerjasama antara FILKOM UB dan SRIN dapat terjalin lebih erat dan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. [edw]

Share