01_sosialisasi_rektor_PTNBH_FILKOM_UB
11:09

Rektor Sosialisasikan PTNBH dan Renstra ke FILKOM UB

Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Ir. Moch. Sasmito Djati, M.S. melakukan sosialiasi tentang Perguruan Tinggi Negara Berbadan Hukum (PTNBH) dan Rencana Strategis UB di Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) pada Jumat (25/10/2019). Hal ini dilakukan mengingat status UB yang sudah mulai masuk dalam masa transisi dari Badan Layanan Umum (BLU) menuju ke Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Keputusan untuk menjadi PTN BH ini disampaikan oleh Prof. Nuhfil tidak diambil dengan tiba-tiba namun dengan melakukan pendalaman terlebih dahulu. Rektor UB sebelumnya bahkan telah menugaskan perwakilan jajaran pejabat di UB, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa untuk melakukan studi banding ke perguruan tinggi di Indonesia yang telah berstatus PTN BH. Hasil studi banding menunjukkan berbagai hal positif terkait perkembangan institusi dan layanan bagi publik. Oleh karena itu keputusan mengajukan status UB menjadi PTN BH diambil Rektor untuk kebaikan institusi dan stakeholder di masa mendatang.

“Kepentingan kita menjadi PTN BH sebenarnya untuk peningkatan reputasi perguruan tinggi, daya saing UB di tingkat internasional, mutu dan layanan akademik serta mutu pengelolaan UB. Karena dengan menjadi PTN BH kita akan punya hak otonomi akademik, keuangan, pengelolaan aset dan sumber daya manusia (SDM) sendiri. Nantinya kita tidak bertanggung jawab lagi pada peemrintah tapi langsung pada publik,” ujar Prof. Nuhfil.

Dalam kesempatan itu Prof. Sasmito menambahkan bahwa berbagai persyaratan untuk menjadi PTN BH sudah terpenuhi oleh UB, antara lain berada pada klaster I perguruan tinggi. Saat ini UB sudah masuk 13 besar perguruan tinggi di tanah air, tepatnya pada peringkat 9 (sembilan). Selain itu UB juga telah masuk 9 besar di Indonesia dalam produktivitas publikasi internasional (UB urutan ke-7) dan 9 besar di Indonesia untuk jumlah Hak Kekayaan Intelektual/HAKI (UB urutan ke-5).

Kedepannya UB menargetkan untuk dapat mencapai rangking QS 500 pada tahun 2024 – 2029. Strategi yang diterapkan UB untuk mencapai target tersebut diberinama GIRAFFE yang merupakan singkatan dari Governance, Innovation, Reputation, Alumni, Faculty, Fund, dan Efficiency. [dna]

 

 

 

 

 

Share