Akreditasi_Prodi_SI_2019
13:36

Program Studi Sistem Informasi Raih Akreditasi “A” Pertama untuk FILKOM UB

Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) menjadi prodi pertama yang menyumbangkan nilai Akreditasi “A” untuk Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB). Informasi hasil akreditasi ini diterima Prodi SI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Rabu (23/10/2019) setelah sebelumnya dilakukan visitasi asesor BAN PT pada Senin (14/10/2019).

Herman Tolle, Dr. Eng., S.T., M.T. selaku Ketua Jurusan Sistem Informasi (JSI) yang menaungi Prodi SI menyampaikan bahwa akreditasi Prodi SI memang sudah menjadi prioritas untuk mendorong prodi-prodi lainnya di JSI agar memperoleh akreditasi yang baik. JSI sendiri menaungi tiga program studi di FILKOM, yaitu Prodi SI, Prodi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) dan Prodi Teknologi Informasi (Prodi TI). Prodi SI yang merupakan prodi paling tua di JSI didorong untuk bisa memperoleh akreditasi A dari yang sebelumnya masih memiliki Akreditasi B. Sementara itu Prodi PTI yang sebelumnya mendapat Akreditasi C, saat ini sudah mengajukan reakreditasi dan diharapkan bisa mendapat Akreditasi B. Sedangkan untuk Prodi TI dalam jangka waktu dua tahun pertama sejak berdirinya, sudah berhasil memperoleh akreditasi B.

“Jadi setiap program kerja di prodi dan jurusan memang diarahkan ke hal-hal yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran dan hal-hal terkait indikator penilaian akreditasi, sehingga pencapaian akreditasi A Prodi SI ini merupakan hasil dari proses persiapan dan aktivitas yang selama ini direncanakan dan dijalankan di Prodi SI,” jelas Herman.

Disampaikan oleh Herman bahwa keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras semua pihak di Prodi SI, mulai dari Kepala Program Studi (Kaprodi) yang saat ini dijabat oleh Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB., tim Unit Jaminan Mutu (UJM) SI yang saat ini diketuai oleh Fajar Pradana, S.ST., M.Eng., tim task force borang, staf akademik, tenaga kependidikan, mahasiswa, bahkan juga kontribusi dari alumni dan pengguna lulusan.

“Harapannya ke depan Prodi SI bisa terus memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompeten,” pungkas Herman.

Senada dengan Herman, Ketua prodi SI Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB. menyampaikan bahwa persiapan untuk akreditasi ini sudah cukup lama yaitu sejak tahun 2018 lalu. Persiapan dilakukan menyeluruh di semua unit kerja baik dari UJM jurusan maupun tingkat prodi, serta optimasi penataan dokumen dengan tim kerja dimulai sejak Januari 2019.

“Harapannya kedepan prodi SI bisa menjadi Prodi Sistem Informasi terbaik di indonesia dan menjadi tujuan bagi mahasiswa internasional. Kemudian bisa menghasilkan lulusan sistem informasi berkualitas baik dan berkarakter yang siap memenuhi kebutuhan industri teknologi informasi. Prodi SI siap menghadapi tantangan,” ujar Yusi. [dna]

 

 

 

 

Share