01_Adityas_Kemal_Fakhruddin
16:06

Kuliah Tamu Peran Manajemen Proyek Dalam Digital Startup

Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (JSI FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu dengan tema “Peran Manajemen Proyek Dalam Digital Startup” pada Kamis (12/3/20) di gedung G lantai 2 FILKOM UB. Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT. selaku ketua pelaksana menyampaikan kuliah tamu ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa FILKOM UB tentang penerapan manajemen proyek di perusahaan dan perannya dalam membangun sebuah digital startup. Narasumber yang dihadirkan adalah Adityas Kemal Fakhruddin, S.Kom., M.Kom., M.IM. selaku Innovation Manager Alterra. Untuk diketahui, Alterra adalah perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia yang berfokus memberikan solusi inovatif dalam layanan tagihan/billing dan pembayaran di Indonesia. Kantornya berlokasi di empat kota yaitu Jakarta, Jambi, Malang dan Denpasar.

01_kuliah_tamu_project_managementKemal, panggilan akrabnya, menyampaikan beberapa informasi penting pada ratusan mahasiswa FILKOM UB yang hadir, antara lain penjelasan singkat tentang Alterra, pemahaman tentang startup, hal-hal penting yang perlu dipahami dalam membangun startup, pentingnya product/project management dan bagaimana product/project management dijalankan. Disampaikan Kemal, dalam membangun startup biasanya sebuah tim atau seseorang sering kali terlalu fokus pada membangun nilai perusahaan aatu organisasi sehingga lupa pada hal penting lainnya yang juga berpengaruh pada kesuksesan sebuah startup. Hal penting tersebut meliputi legal and public policy, risk management, pengukuran OKR dan KPI serta product and project management.

02_kuliah_tamu_project_managementProduct/project management termasuk bagian penting dalam mengembangkan sebuah startup karena beberapa fungsinya yang berpengaruh pada cost efficiency, keep progress on track, quality control dan product market fit. Product/project management umumnya dijalankan dalam tiga tahapan, yaitu tahap understanding/explore untuk mengetahui kondisi yang ada di masyarakat, tahap ideation/thinking untuk menentukan sebuah solusi dalam penyelesaian masalah yang ada di masyarakat dan tahap prototyping/pembuatan produk atau layanan. Dalam melaksanakan tahapan ini ada beberapa metode yang biasa diterapkan di Alterra, yaitu agile methodology dan waterfall methodology. Kemal juga memberikan beberapa tips bagi mereka yang ingin membangun startup. Dapat dimulai dengan menentukan jenis bisnis yang akan dibangun dan personil yang akan terlibat dalam tim, membuat business model canvasnya, tentukan daya Tarik bisnis yang akan digeluti, buat perkiraan keuntungan kedepan dan jika dibutuhkan lakukan benchmarking dengan perusahaan kompetitor. Diakhir sesi Kemal menyampaikan pula informasi mengenai beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh mereka yang ingin membangun startup. Kemampuan tersebut meliputi product management skills, project management skills, communication skills, research and forecast (TAM, SAM, SOM), negotiation skills, critical thinking, innovative dan creativity. [dna]

 

 

 

Share