01_pelepasan_finalis_gemastik_12_2019
14:50

FILKOM UB Lepas 3 Tim Perwakilannya ke Final GEMASTIK XII 2019

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan acara pelepasan tiga tim perwakilannya ke final kompetisi IT paling bergengsi di tanah air, Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XII 2019 pada Senin (21/10/2019) bertempat di Gedung F lantai 7 FILKOM UB. Mereka adalah tim BCC_PesonaMantan, tim LastYear dan tim TroubleSolver. Ketiga tim tersebut akan bertanding dalam acara puncak GEMASTIK XII 2019 di Telkom University, Bandung pada 24 – 26 Oktober 2019. Untuk diketahui GEMASTIK merupakan program Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Dimana tema yang diangkat tahun ini “Teknologi Informasi untuk Keunggulan Daya Saing Bangsa”. Pada GEMASTIK XII 2019 terdapat 11 divisi bidang yang dilombakan, meliputi divisi pemrograman, keamanan siber penambangan data, desain UX, animasi, kota cerdas, karya tulis TIK, pengembangan perangkat lunak, piranti cerdas, aplikasi permainan dan bisnis TIK.

Tim BCC_PesonaMantan lolos sebagai finalis divisi pemrograman dengan dosen pembimbing Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. Tim ini terdiri atas Rian Nugroho (Teknik Informatika/2017), Putu Rama Bena Putra (Teknik Informatika/2018) dan Muhammad Naufal Andika N Putra (Sistem Informasi/2017). Untuk bisa menjadi finalis tim ini harus terlebih dahulu melalui babak penyisihan berupa online test yang berlangsung selama 3 jam. Pada tahap penyisihan itu peserta harus mengerjakan 5 – 12 soal pemrograman. Dari babak tersebut dipilihlah 10 tim terbaik untuk mengikuti babak final yang akan diadakan tanggal 25 Oktober 2019 mendatang.

Tim LastYear lolos sebagai finalis divisi Desain Pengalaman Pengguna (Desain UX) dengan dosen pembimbing Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom. Tim ini terdiri atas tiga mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) angkatan 2016 yaitu Mohammad Khaufillah, Eko Ramadhanu Aryputra dan Hetti Marthaningrum. Produk yang dibuat oleh tim ini sehingga mengantarkannya sebagai finalis adalah aplikasi perangkat bergerak “Pesankan”, yaitu aplikasi yang dapat mempermudah ibu rumah tangga dalam berbelanja bahan makanan segar serta membantu pedagang sayur untuk memperluas pemasarannya.

02_pelepasan_finalis_gemastik_12_2019Sementara itu tim TroubleSolver lolos sebagai finalis divisi Kota Cerdas dengan dosen pembimbing Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. Tim ini terdiri atas tiga mahasiswa UB angkatan 2017, yaitu Dandy Fajar Mahendra (Teknik Elektro), Muhammad Wildan Oktavian (Teknik Informatika) dan Wiken Cahyo Pambudi (Teknik Elektro). Karya dari tim ini diberinama Trasify (Trash Classifying), yaitu tempat sampah inovatif yang mampu secara otomatis mengklasifikasikan sampah berdasarkan jenisnya. Trasify ini dibuat berbasis Internet of Things (IoT) yang dikombinasikan dengan teknologi image processing dan Artifial Intelligence (AI).

Dalam acara pelepasan ketiga tim ini, Dekan FILKOM UB menyampaikan pesan agar seluruh anggota tim dapat menjalani proses seleksi tahap final dengan tidak menjadikannya sebagai beban, namun dijalani sebagai suatu proses pembelajaran. Harapannya para perwakilan FILKOM bisa memberikan upaya terbaiknya di babak final nanti dan membawa nama baik FILKOM dan UB. [dna]

 

 

 

 

 

Share